Halaman

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 27 Juli 2012

Boneka Okiku Dari Jepang, Rambutnya Terus Tumbuh Walaupun Dicukur Berkali-kali


CK - Pernah mendengar tentang Boneka Okiku?

     Boneka Okiku memiliki nuansa mistis yang sangat kentara terasa. Aroma mistis dari boneka Jepang ini begitu menghebohkan, karena belum adanya penjelasan logis tentang tumbuhnya rambut yang terus memanjang layaknya rambut manusia. Masalahnya, rambut yang memanjang itu tumbuh dari sebuah benda mati, yaitu sebuah boneka.
     Boneka ini sampai sekarang masih menjadi misteri. Rambutnya terus memanjang walaupun sudah di potong berkali-kali. Dan ditambah lagi.., menurut penuturan orang-orang yang pernah melihat boneka ini, boneka ini memang seram dengan segala nuansa non-logisnya. Secara logika, tidak ada yang bisa menjawab. Bagaimana bisa benda mati bisa menumbuhkan rambutnya terus menerus. Kalo di Indonesia, kejadian pada boneka ini bisa di bilang mirip jenglot.
     Ketika berita/kabar mengenai boneka mistis ini menyebar luas, seorang ilmuwan Jepang melakukan peneliti dengan melakukan tes forensik pada rambut boneka tersebut, dan ternyata hasil yang mencengangkan dari penelitian ini adalah rambut yang tumbuh pada boneka ini sama persis dengan rambut pada anak usia 10 tahun.


Asal mula


     Awalnya boneka ini dibeli tahun 1918 oleh seorang pemuda bernama Eikichi Suzuki di Sapporo. Suatu saat, Eikichi melihat sebuah boneka cantik Jepang dengan Kimono. Sehingga Eikichi tertarik untuk membelinya dan memberikannya sebagai hadiah kepada adiknya yang berumur 2 tahun yang bernama Okiku, anak ini (Okiku) sangat menyenangi dan menyayangi boneka itu karena bentuknya yang cantik dan lucu, memiliki mata yang besar dan hitam , sehingga dia memainkannya setiap hari.



     Boneka dengan ukuran tinggi 40 sentimeter, berpakaian kimono dengan mata hitam dan rambut yang lebat ini menjadi teman bermainnya setiap saat, sampai pada suatu hari Okiku meninggal karena demam tinggi. Kemudian pada saat pemakamannya, keluarga sebenarnya ingin memasukkan boneka kesayangan anak itu ke dalam peti mati-nya, tapi entah mengapa mereka lupa. Keluarga gadis tersebut kemudian menaruh boneka itu di altar rumah dan berdoa setiap hari dalam rangka memperingati Okiku.
     Beberapa waktu kemudian, mereka menyadari ternyata rambut mulai tumbuh pada boneka tersebut. Lalu menyebarlah cerita dan kisah mengenai boneka tersebut, dan warga setempat beranggapan bahwa tumbuhnya rambut tersebut karena roh dari anak gadis itu yang tinggal di dalam boneka itu. Dan karena dulunya boneka ini adalah milik mendiang Okiku, ditambah lagi dengan banyaknya warga yang meyakini bahwa boneka itu didiami oleh arwah Okiku, maka boneka itu dipanggil dengan nama yang sama dengan pemilik sebelumnya, yaitu "Okiku"


     20 tahun kemudian, pada tahun 1938 keluarga Suzuki pindah ke Shakalin (sebuah kota kecil di Jepang), dan Boneka Okiku akhirnya dititipkan di kuil Mannenji kota Iwamizawa - Hokkaido. Dan menurut pendeta di kuil itu, benar bahwa rambut boneka Okiku terus memanjang, padahal saat boneka itu datang, rambutnya pendek. Walaupun dipotong terus secara berkala, tapi rambutnya tetap tumbuh terus dan bertambah panjang hingga sekitar 25 cm, hingga ke lutut boneka. Maka dari itu, tiap tahun setiap tanggal 21 pada bulan-bulan tertentu, di kuil Mannenji diadakan ritual pemotongan rambut sang boneka mistis tersebut.
     Kabar berikutnya adalah ketika pengunjung yang berziarah ke kuil tersebut untuk melihat Boneka Okiku sering melihat mata sang boneka berkedip kepada mereka. Kemudian keeanehan lain yang dimiliki boneka ini adalah sejak Perang dunia ke-2, mulut boneka ini dikabarkan membuka sedikit demi sedikit, dan beberapa orang mengatakan pernah melihat boneka Okiku ini membuka mulutnya saat malam hari, seolah meminta makan.


Cheniee Kee - RangkulDunia - Boneka Okiku


sumber: searching internet dengan perubahan seperlunya tanpa mengubah maksud kisah aslinya


0 Kritik & Saran:

Posting Komentar

Silahkan komentar sebagai kritik & saran yang membangun...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...